Benarkah Adanya Keterkaitan Dengan Gempa Sebelumnya Pada Meksiko


Gempa Di Meksiko

Baru baru ini Meksiko kembali mengalami dampak yang ditimbulkan oleh gempa besar dan kemudian gempa besar lainnya menyusul. Banyak orang yang bertanya tanya apakah kedua gempa besar ini berhubungan. Para ahli seismologi masih memerlukan waktu untuk mengkaji masalah tersebut.

Pada 7 September lalu Meksiko di guncang gempa besar dengan kekuatan 8.1 SR dengan menyentuh daerah batas tektonik yang sama persis dengan gempa di hari selasa lalu dengan kekuatan 7,1 SR. Titik asal gempa di dalam Bumi terpisah sejauh 650km. Jika memang gempa kedua merupakan gempa susulan maka seharusnya terjadi lebih dekat dengan radius sekitar 100km.

Hal ini memang bukan pernyataan yang pasti, tetapi para ahli seismologi sedang mengkaji semua data yang masuk. Mungkin saja para seismologi akan mengindentifikasi cara seperti apa tekanan ini disalurkan didalam kerak Bumi. Meksiko berada di atas tiga lempeng tektonik besar. Pada kedua gempa yang terjadi dimana lempeng Cocos mengoncang dasar Samudra Pasifik dengan menyusup ke bawah lempeng Amerika Utara.

Gempa Di Meksiko

Lempeng Cocos ini bergeser sekitar 75mm pertahunnya, dengan membuat gerakan ke bawah yang curam sebelum menjadi datar.Pada titik inilah kedua gempa besar ini terjadi penruunan beberapa puluh kilomter ke bawah. Saat ini banyak model komputer yang digunakan untuk memperkirakan kemungkinan kerusakan dan korban yang diakibatkan gempa besar.

Dengan perkiraan menunjukkan bahwa kita bisa menduga lebih dari 200 orang meninggal dunia dan sekitar 5.000 orang terluka. Angka ini bisa jadi perkiraan yang paling rendah, bisa jadi jumlah kematian meningkat dalam beberapa jam terakhir. Segalanya sangat bergantung pada jam berapa gempa akan terjadi.

Gempa yang terjadi pada 7 September telah merusak lebih dari sebelumnya namun bukan karena skala magnitudonya. Gempa ini terjadi pada daerah yang padat penduduk dan di Mexico City, gempa ini berdampak ke pusat kota yang berada di atas tanah berjenis gembut dengan meningkatkan kekuatan guncangan.

Meksiko merupakan salah satu tempat yang paling aktif secara seismik di muka Bumi. Dengan belajar dari pengalaman yang terjadi di tahun 1985 ketika gempa berkekuatan 8 SR menyebabkan 10.000 orang meninggal dan melukai lebih dari 30.000 orang.

Dengan mengandalkan jaringan sistem sensor yang mampu mendeteksi kedatangan gelombang seismik gempa yang bergerak cepat dengan mendahului arus yang lebih lambat. Peringatan tergantung dari jarak asal gempa, bisa jadi dalam hitungan detik sebelum terjadi. Tetapi tetap cukup waktu untuk menerapkan langkah penyelamatan awal yang sudah dipraktikkan secara rutin.

Dengan sistem peringatan memberi waktu pada warga unutk menyalakan kamera di telepon mereka. Tetapi banyak warga yang mengabaikan peringatan ini karena beberapa saat sebelumnya berlangsung latihan membunyikan alarm atau sirene yang selalu dilakukan setiap tahun. Ada sebagian orang yang cepat menangapi reaksi ini karena kesadaran akan bahaya telah meningkat setelah gempa September ini.
Share on Google Plus

About anekainfo88berita

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment