Bandara Termegah Di Dunia


Bandara merupakan tempat transportasi para penumpang untuk melakukan perjalanan jauh. Bandara saat ini mengalami ekskalasi dari segi desain dari segi fungsi maupun inspirasi bagi masyarakat.

Tiap bandara terus melakukan inovasi dan menghadapi tantangan dalam pemindahan jutaan penumpang ke ruang ruang yang lebh aman dari sebelumnya. Dari bandara bandara yang ada di dunia terdapat beberapa yang desainnya paling indah seluruh dunia.


Bandara Termegah Di Dunia

Bandara Kuala Lumpur

Dibagian negara Asia, Bandara Kuala Lumpur yang di desain oleh arsitek Jepang Kisho Kurokawa. Dengan desain berbentuk atap shading yang bergaya Islam dan dilapisi dengan kolom besar.

Menggunakan desain seperti hutan hujan Malaysia dan lampu kanopi yang mewakili sinar matahari yang bersinar diantara dedaunan. Desain modern yang mirip kerang dibuat dari baja tahan karat.

Bandara Termegah Di Dunia

Bandara Changi

Merupakan salah satu bandara terbaik di dunia. Dirancang oleh arsitek Skidmore, Owings dan Merrill. Dengan memiliki Terminal aslinya yakni Terminal 1 dan 2 yang menjadi  relatif utilitarian dala desainnya.

Dibangun dengan mengakomodai dari peningkatan lalu lintas, Terminal 3 yang juga telah beroperasi ditahun 2008 ini menggunakan struktur baja dan kaca dengan atas seluas 9 hektar. Dengan diciptakannya sistem modulasi cahaya overhead menggunakan kaca skylight dan ribuan kisi aluminium.

Bandara Termegah Di Dunia

Bandara Beijing

Merupakan salah satu bandara yang terbesar di dunia. Sebelumnya dibangun untuk pembukaan Olympiade 2008. Dirancang oleh Arsitek Foster & Partners dengan menggunakan skema tradisional China dari warna merah dan kuning tentunya disertai dengan lambang naga untuk merayakan sejarah dan budaya China.

Dengan menggunakan luas area sebesar 1,3 juta meter persegi dan menampung sebanyak 50 juta penumpang setiap tahunnya pada tahun 2020.

Bandara Termegah Di Dunia

Bandara Pulkovo

Dirancang arsitek London, Grimshaw yang selesai dibangun pada tahun 2014. Bandara ini berada di St. Petersburg, dan akan menampung penumpang sebanyak 12 juta orang pertahun.

Menggunakan rancangan bandara dengan atap yang datar yang bisa menahan beban hujan salju lebat. Dimana panel logam emas yang direferensikan untuk gereja St.Petersburgh.

Bandara Termegah Di Dunia

Bandara Chhatrapati Shivaji

Desain dari Skidmore, Owings & Merill (SOM). Gedung bagian terminal 2 baru dibuka ada tahun 2014, dikarenakan arus penumpang yang semakin meningkat.

Desain yang digunakan bernuansa paviliun vernakular India dengan menggunakan pola yang diilhami sebagian dari burung nasional India yaitu burung merak.

Bandara Termegah Di Dunia

Bandara Kutaisi

Berada di Georgia, Bandara kecil ini terletak di Kutaisi. Dirancang oleh arsitek Belanda UNStudio. Menggunakan desain interior yang dipenuhi oleh cahaya dengan pemandangan pegunungan kaukasus dan struktur kayu emas di tengah terminalnya bagi titik temu para penumpang.

Bandara Termegah Di Dunia

Bandara Denver

Di desain oleh Arsitek Fentress, merupakan bandara di Amerika Serikat. Dengan meniru desain Pegunungan Rocky Colorado yang tertutup salju, dimana tenda tenda ini mencolok di setiap bagiannya dan cahaya yang masuk kedalamnya.

Akhir akhir ini bandara Denver ditambah Hotel Westin dan para penumpang bisa langsung menaiki kereta api menuju ke pusat kota Denver.

Bandara Termegah Di Dunia

Bandara Kansai

Didesain oleh Arsitek Italia Renzo Piano, Ditahun 1994 Bandara Osaka ini dibuka untuk mengurangi kepadatan penduduk di Terminal Bandara tersebut. Uniknya bandara ini dibangun disebuah Pulau buatan yang terletak di Teluk Osaka dan menjadi Bandara pertama di dunia menjadi Bandara Samudra dengan menampung penumpang sekitar 100.000 per harinya.

Terminal terpanjang di dunia sepanjang 1,7 kilometer dengan 42 gerbang tersedia. Khusus dirancang untuk anti bencana gempa yang dimana di Jepang seringkali terjadi bencana alam.

Bandara Termegah Di Dunia

Bandara Madrid Barajas

Berada di Ibukota pusat kota Spanyol, Bandara Madrid Barajas sebelumnya pernah di renovasi pada tahun 2006 dan dirancang langsung oleh arsitek Richard Rogers.

Desain yang digunakan dengan berbentuk gelombang  yang didukung oleh pohon sentral yang ditekankan ke atap agar dapat memberikan cahaya alami di tingkat paling atas terminal.

Dengan menggunakan nuansa cerah berwarna merah dan kuning. Sedangkan dibagian atapnya menyediakan teduhan untuk mengatasi musim panas di Madrid.

Bandara Termegah Di Dunia

Bandara Baku Heydar Aliyev

Berada di Ibukota Azerbaijan, Bandara Internasional Heydar Aliyev dilengkapi dengan kepompong kayu raksasa dengan rancangan dari Studio Arsitektur Turki, Autoban.

Kemiripan menyerupai kepompong, dimana cahaya yang masuk mengalir melalui kacang eksternal cekungnya. Dengan tersedia tempat cafe, bar, toko dan fasilitas tempat bermain anak anak. Dimana bandara ini dapat menampung sekitar 5 juta penumpang setiap tahunnya.


Share on Google Plus

About anekainfo88berita

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment