Benarkah Ikan Transparan Bisa Selamatkan Manusia ?


Benarkah Ikan Transparan Bisa Selamatkan Manusia ?

Penemuan ikan transparan yang panjangnya kurang lebih satu setengah inci, nama ikan ini adalah ikan zebra (Danio rerio) yang terlihat dalam penelitian biomedis. Ikan ini adalah penelitian yang bagus untuk sesama vertebrata dan manusia juga. Keduanya memiliki persamaan otak, jantung, hati dan ginjal. Dalam penelitian menunjukkan bahwa 84% gen ini menyebabkan penyakit pada manusia.

Sejak ahli sel biologi University of Queensland, Ben Hogan mempelajari ikan zebra ini pada tahun 2001, penggunaan ikan zebra di laboratorium melonjak drastis. Keuntungan menggunakan ikan ini sangat terlihat jelas, dikarenakan embrionya berbentuk transparan dan berkembang diluar tubuh sang induk.

Para ilmuwan memanipulasi gennya untuk memodelkan penyakit pada manusia dan mengamati perubahan penyakit pada hewan hidup secara langsung adalah sesuatu yang tidak mungkin dilakukan dilaboratorium hewan. Dengan tubuh yang transparan dan memiliki garis garis ditubuhnya akan memudahkan ilmuwan mempelajari sistem vaskular dan sistem lainnya.

Dalam otak ikan zebra ditwmukan adanya sel penyapu yang dapat membersihkan sampah. Jika sel seperti ini ada pada manusia dan bisa dikendalikan maka sel sel tersebut akan berguna untuk melawan demensia dan stroke. Dengan eksperimen yang berulang ulang dilakukan akan membutuhkan banyak subyek tes.

Sejauh ini penelitian telah menghasilkan wawasan tentang kanker, diabetes, penyakit otot. Menurut penelitian Elizabeth Burke, ikan kecil yang bergaris ini memiliki potensi untuk memajukan penelitian medis di masa depan. Embrio ikan zebra
Share on Google Plus

About anekainfo88berita

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment