NASA Menguak Detik Detik Gerhana Matahari 21 Agustus 2017


 NASA Menguak Detik Detik Gerhana Matahari 21 Agustus 2017

Dalam waktu dekat ini tanggal 21 Agustus 2017 , sebuah kawasan di Bumi akan menjadi saksi mata sekaligus penampakan dari fenomena alam yang rutin namun langka yang melibatkan dua benda antara Langit , Bulan dan Matahari.

Fenomena ini lazim dikenal dengan sebutan gerhana matahari total. Pada saat Matahari, Bulan, dan Bumi berada dalam satu garis lurus, yang akan membuat sebagian besar wilayah di Amerika Serikat diselubungi kegelapan pada siang hari.

Sebagai salah satu langkah menghadapi fenomena langka ini, Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) merilis sebuah video yang memvisualisasikan detail lokasi penampakan gerhana matahari total di Negeri Paman Sam.

Menurut video visualisasi yang diproduksi Direktorat Riset NASA Goddard Space Flight Center tersebut, gerhana matahari total AS itu akan membentang secara diagonal sejauh 112 km, 'membelah' Negeri Paman Sam dari Oregon di Barat Laut, hingga Carolina Selatan di Timur Laut.

Garis diagonal itu terletak di kawasan umbra, bagian bayangan Bulan di mana matahari terblokir sepenuhnya oleh Bulan. 

Video itu juga menunjukkan bahwa garis umbra tersebut akan berbentuk seperti poligon yang tidak beraturan dan agak melengkung, bukan lingkaran seperti yang mungkin dibayangkan sebagian besar orang.

"Visualisasi baru itu merepresentasikan bayangan umbra dengan tingkat akurasi yang cukup tinggi dengan memperhitungkan pengaruh elevasi pada berbagai titik di Bumi, dan juga bagaimana sinar cahaya mengalir melalui kawah Bulan di sepanjang tepian Bulan yang meruncing," jelas Ernie Wright, pakar visualisasi dari Direktorat Riset NASA Goddard Space Flight Center.


Share on Google Plus

About anekainfo88berita

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment