Perilaku Memalukan Seorang Ibu Yang Tersebar Di Berbagai Medsos


Perilaku Memalukan Seorang Ibu Yang Tersebar Di Berbagai Medsos

Foto seorang ibu-ibu duduk selonjoran di bangku KRL menjadi viral di berbagai media sosial. PT KRL Commuter Jabodetabek menyayangkan hal ini sebab tidak etis dan bangku tersebut dapat digunakan oleh penumpang lainnya.Mencerminkan masih berkurangnya buda ya orang Indonesia dan mencoreng nama baik.

"Kami menyayangkan penumpang tersebut. Saya meminta seluruh penumpang bisa berperilaku yang sesuai dengan norma yang ada, bertenggang rasa. Seperti naik kaki ke tempat duduk juga tidak etis. Karena masih dapat dipakai penumpang," kata Vice President Communication PT KCJ Eva Chairunisa kepada detikcom, Selasa (2/8/2017).

Dia mengatakan hal tersebut terkait dengan etika penumpang dalam menggunakan fasilitas publik. Meskipun kondisi di dalam gerbong KRL tengah kosong penumpang, diharapkan tak ada penumpang yang menaikkan kakinya.

"Meskipun kondisi KRL kosong, penumpang juga tidak boleh tiduran terlentang memanjang. Karena itu terkait etika, ya. Jadi bagaimana etika menggunakan fasilitas publik juga harus diketahui penumpang semestinya,"ujarnya.

Eva mengatakan, ketentuan penumpang sebetulnya sudah mengatur hal tersebut. Himbauan terkait larangan-larangan pun sudah ditempelkan di beberapa titik seperti di pintu dan juga kaca KRL.

Dia mengatakan, penumpang lainnya juga dapat memberikan peringatan jika menemukan kondisi seperti ini.

"Sebetulnya sudah ada larangan seperti duduk di bawah, membawa sajam, senpi, barang yang tidak sesuai tidak ditentukan, dan makan minum di dalam KRL. Imbauan itu sudah ditempel di pintu dan beberapa kaca KRL," ucapnya.

"Tapi himbauan itu, kalau tidak ditempelkan pun kita bicara etika penumpang kendaraan umum. Penguna saat ada di tempat umum diharapkan bertenggang rasa sesuai kondisi. Jadi kita juga mengharapkan secara lisan, kita ajak penumpang untuk saling mengingatkan. Karena ini merupakan fasilitas publik," sambung Eva.

Terkait gambar ibu-ibu duduk selonjoran yang menjadi viral ini, masyarakat Indonesia masih belum sadarnya akan norma etika kesopanan di manapun berada. Kita sebagai orang Indonesia hendaknya mencontohi di negara negara lainnya . Sekedar memberikan saran hendaknya pihak KRL memberikan sanksi kepada penumpang yang berperilaku tidak sopan tersebut.


Share on Google Plus

About anekainfo88berita

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment