Sinabung Erupsi Lagi


Sinabung Erupsi Lagi

Gunung Sinabung kembali aktif dan memuntahkan awan panas sampai sedikitnya 16 kali. Warga yang bermukim di sekitar hilir Sungai Laborus agar waspada. 

"Mengingat telah terbentuk bendungan alam di hulu Sungai Laborus, maka penduduk yang bermukim dan beraktivitas di sekitar hilir daerah aliran sungai Laborus agar tetap waspada," kata Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Rabu (2/8/2017).

Sutopo menjelaskan, bendungan alam tersebut bisa saja jebol sewaktu-waktu apabila sudah tak kuat menahan beban volume air. 

"Bendungan ini sewaktu-waktu dapat jebol karena tidak kuat menahan volume air sehingga berpotensi mengakibatkan lahar/banjir bandang ke hilir," jelas Sutopo. 

"BPBD Kabupaten Tanah Karo segera melakukan sosialisasi ancaman bahaya lahar hujan/banjir bandang ini kepada penduduk yang bermukim dan beraktivitas di sepanjang hilir dan sekitar Sungai Laborus," imbuhnya. 

Sutopo sebelumnya menjelaskan, aktivitas lontaran abu tersebut terjadi sekitar pukul 10.00 WIB. 

"Sinabung meletus lontarkan abu hingga 4,2 km disertai luncuran awan panas 4,5 km ke tenggara-timur pada 2/8/2017, 10 Wib," tulisnya.
Share on Google Plus

About anekainfo88berita

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment