Pertama Astronot Berkulit Hitam Mencapai Angkasa Luar


Pertama Astronot Berkulit Hitam Mencapai Angkasa Luar

Sejarah kembali terukir lagi, orang Afrika-Amerika pertama melakukan perjalanan ke luar angkasa. Letnon Kolonel Angkatan Udara Amerika Serikat, Guion S.Bluford menjadi orang bersejarah dalam misi pesawat ulang alik Challenger ke tiga pada 30 Agustus 1983.

Bluford lahir di Philadelphia pada 1942 sejak kecil sudah menyukai dengan penerbangan dan memutuskan untuk merancang dan membangun pesawat terbang. Pada tahun 1964 lulus dari Penn State dengan gelar bidang Teknik Kedirgantaraan dan kemudian masuk ke Angkatan Udara AS dan lulus menjadi pilot di tahun 1965.

Kemudian ditugaskan bergabung bersama Skuadron tempur di Vietnam, dimana dia menerbangkan pesawat dengan membawa 144 misi tempur kesana. Setelah selesai dengan misin ini, dan menjadi instruktur penerbangan. Pada tahun 1970, Bluford menerima gelar master dan doktor dalam teknik kedirgantaraan dari Air Force Institute of Technology.

Dalam kurun waktu selama 9 tahun dia diterima sebagai astronot AS di tahun 1979, dengan melakukan misi tiga misi ke angkasa luar, dimana dia tercatat telah mengorbit selama 700 jam. Setelah keluar dari NASA, Bluford menjadi wakil presiden dan general manager dari sebuah perusahaan teknik di Ohio.

Pesawat Challenger merupakan pesawat ulang alik yang pertama diluncurkan pada malam hari. Banyak orang yang dengan rela menunggu sampai larut malam untuk menyaksikan peluncuran pada 02.32 dini hari di Cape Canaveral, Florida. Dalam misinya Challenger menghabiskan waktu selama enam hari di angkasa luar, dalam kurun waktu tersebut Bluford bersama rekan kerjanya meluncurkan sebuah satelit komunikasi untuk pemerintah India dengan melakukan eksperimen ilmiah dan menguji lengan robot pesawat.

Setelah selesai dengan misinya, Challenger kembali lagi sebelum fajar pada 5 September dengan sukses mendarat di pangkalan Udara Edwards California. Peristiwa ini pertama kali dikenang sebagai misi antar jemput paling sempurna. 




Share on Google Plus

About anekainfo88berita

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment