Kota Meksiko Di Landa Gempa Berkekuatan 8,1 SR


Kota Meksiko Di Landa Gempa Berkekuatan 8,1 SR
Di Meksiko, Presiden Enrique Peña Nieto menyatakan telah terjadi gempa yang berkekuatan 8,1 SR di Samudera Pasifik sekitar 87 Km dari lepas pantai Pijijiapan. Menurut Presiden Meksiko paling sedikitnya ada 200 orang cedera dan puluhan lainnya meninggal dunia. Dari Data Pusat Penanganan Bencana Nasional memprediksi korban yang meninggal dunia mencapai 58 orang.

Operasi pencarian dan penyelamatan berlangsung di negara bagian Tabasco, Oaxaca dan Chiapas, di wilayah ini di khawatirkan terjebak reruntuhan bangunan. Gempa ini terjadi pada hari Kamis tengah malam yang dirasakan sekitar 50 juta warga Meksiko dan jumlah korban jiwa juga dikhawatirkan akan meningkat terus.

Kota Meksiko Di Landa Gempa Berkekuatan 8,1 SR

Gempa ini tercatat yang terbesar dan berkekuataan sangat besar dalam 100 tahun terakhir ini. Menurut Kementerian Luar Negeri RI menyebutkan tidak ada laporan WNI yang menjadi korban. Berdasrkan catatan KBRI di Meksiko tercatat jumlah total WNI di Meksiko mencapai 289 orang. 190 orang sebagiannya berada di Mexico City.

Data yang terkumpul korban jiwa akibat gempa di negara bagian Oaxaca terdiri dari 45 orang, di bagian Chiapas sebanyak 10 orang dan bagian Tabasco sebanyak 3 orang termasuk salah satu bayi kerana putusnya aliran listrik yang menyebabkan alat bantu pernafasan terhenti. Kota yang paling parah gempanya adalah di Juchitan sebanyak 17 korban jiwa yang dilaporkan dikota ini. Dengan gedung balai kota dan sejumlah bangunan lainnya hancur atau ambruk termasuk rumah sakit di kota Juchitan.

Kota Meksiko Di Landa Gempa Berkekuatan 8,1 SR

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik (PTWC) mengatakan gelombang gempa mencapai tiga meter lebih di atas permukaan ombak dan bisa jadi terjadidi sepanjang pantai juga. Evakuasi yang dilakukan di sepanjang pantai Negara Bagian Chiapas dengan memberlakukan keadaan darurat. Setiap bangunan sekolah di 11 negara bagian Meksiko diberlakukan untuk meliburkan anak anak sekolah.

Usai terjadi gempa utama ini terjadi juga di beberapa tempa gempa susulan dengan kekuatan 4,3 SR hingga 5,7 SR di kawasan dekat pantai Meksiko. Presiden Nieto  memperingatkan kemungkinan akan terjadi gempa susulan lagi diharapkan warga tetap waspada dan menghindari pantai.

Kota Meksiko Di Landa Gempa Berkekuatan 8,1 SR

Sebelumnya di tahun 1985, Meksiko pernah dilanda gempa besar dengan kekuatan 8,0 SR dengan korban jiwa mencapai 5.000 orang dan menyebabkan banyak kerusakan besar di Ibukota Mexico City. Sejak saat itu pemerintah Meksiko memberlakukan peraturan ketat untuk pembangunan gedung dengan menerapkan sistem sensor di wilayah pantainya.
Share on Google Plus

About anekainfo88berita

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment