Beberapa Gunung Berapi Telah Di Temukan Di Kawasan Antartika Barat


 Beberapa Gunung Berapi Telah Di Temukan Di Kawasan Antartika Barat

Ditemukannya sebanyak 91 gunung berapi di kawasan wilayah Antartika.Beberapa gunung tersembunyi di bagian lapisan es yang menutupi kutub selatan Bumi dengan ketebalan yang mencapai 4 kilometer. Penemuan ini menjadi tambahan untuk 47 gunung berapi yang sebelumnya telah ditemukan.

Para peneliti dari Edinburg University mengatakan puncak dari gunung gunung ini terkonsentrasi di wilayah yang dikenal sebagai sistem retakan Antartika Barat dengan membentang 3.500 km dari paparan es Antartika Ross ke semenanjung Antartika.Tingginya gunung gunung ini beragam dari 100 meter hingga 3.850 meter yang menyamai gunung Eiger di Swiss.

Selama ini para penjelajah sudah melihat adanya ujung gunung gunung yang terletak di atas es. Namun untuk mengetahuinya seberapa banyak gunung berapi yang berada di area tersebut, mereka harus melakukan penelitian analisis terhadap survei tersebut. Hasil tersebut akan dibandingkan dengan catatan satelit mereka serta informasi geologi dari survei udara.Dengan maksud untuk mencari bukti gunung vulkanik yang tersembunyi dibalik es.

Menurut penelitian Robert Bingham, mereka menyangka bisa menemukan gunung berapi sebanyak ini di Antartika Barat. Mereka juga menduga paparan es Ross masih menyembunyikan lebih banyak gunung lagi yang bisa mungkin wilayah ini akan berubah menjadi padat gunung berap di dunia.

Penemuan ini tidak akan dibanggakan jika salah satu gunung memuntahkan 'isi perutnya' , kestabilan lapisan es di Antartika Barat bisa menganggu permukaan air laut naik.Menurut Bingham mereka belum mengetahuii seberapa aktif kawasan gunung vulkanik tersebut. namun bisa perubahan iklim ikut mengubah lapisan es semakin menipis hingga gunung tersebut kehilangan tekanan dan lebih cepat aktif.

Vulkanisme yang terbanyak terjadi di dunia saat ini ada di wilayah yang baru saja kehilangan penutup glester, setelah zaman es berakhir tempat tempat ini akan di meliputi Islandia dan Alaska.
Share on Google Plus

About anekainfo88berita

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment